Menyambut Asa Kades Iker-Iker Geger

Pendopo Kantor Desa Iker-Iker Geger, Kecamatan Cerme.

Kegiatan Telulikuran yang diadakan oleh Lingkar Maiyah Damar Kedhaton Gresik, bulan ini telah sampai di edisi kelima. Setelah tiga kali berturut-turut diadakan di lembaga pendidikan, pada edisi kali ini bertempat di Pendopo Kantor Desa Iker-Iker Geger, Kecamatan Cerme.

Kantor Desa tersebut berada pas di sebrang gapura Dusun Iker-Iker, tepatnya di Jalan Raya Iker-Iker Geger No. 13. Jalan raya yang setiap harinya dari pagi sampai malam lumayan padat dilewati hilir mudik kendaraan-kendaraan. Baik kendaraan besar seperti truk-truk pengangkut material industri maupun kendaraan pribadi. Di Kecamatan Cerme juga masih terdapat banyak tambak ikan, termasuk di wilayah Desa Iker-Iker Geger ini.

Segenap JM DK tentu saja menghaturkan terima kasih kepada Bapak Kristono selaku Kepala Desa Iker-Iker Geger, yang telah berkenan dan mempersilahkan penggunaan Pendopo Kantor Desa Iker-Iker Geger untuk kegiatan Telulikuran.

Bapak Kepala Desa menyambut baik kegiatan Telulikuran ini. Mengingat kegiatan ini diadakan oleh para pemuda, beliau berharap pemuda Karang Taruna dan Remaja Masjid dari Desa Iker-Iker Geger nantinya ikut berpartisipasi dan bisa menyerap nilai-nilai dari kegiatan ini, sehingga dapat menelurkan kegiatan-kegiatan lainnya di Desa Iker-Iker Geger. Beliau selaku Kepala Desa juga mempunyai harapan untuk membuat suatu kegiatan pengenalan dan melestarikan budaya leluhur, terutama dalam hal melestarikan Bahasa Jawa, yaitu bahasa krama halus.

Beliau juga bercerita tentang kondisi Kantor Desa yang telah banyak mengalami perubahan setelah diuruk dan direnovasi, tentunya lebih tinggi dari sebelumnya. Karena letaknya yang berdampingan dengan aliran sungai Lamong, meninggikan tanah adalah salah satu bentuk antisipasi terhadap luapan air sungai ketika hujan deras.

Jika 4 dusun yang ada di Desa Iker-Iker Geger dan desa sekitarnya terendam air luapan sungai Lamong yang melintasi sekitaran desa, Pendopo Kantor Desa ini juga sering kali menjadi posko pengungsi maupun sebagai tempat pengumpulan logistik.

Semoga ketersambungan tali silaturrahmi antara Jamaah Maiyah Damar Kedhaton dengan perangkat desa, karang taruna, dan remaja masjid Desa Iker-Iker Geger ini menjadi salah satu jalan cinta turunnya limpahan berkah dari Allah. (rif/cus/ddk)