“Simpan Sejarah dengan Tulisan, Hadirkan Keanggunan dengan Desain Grafis”

 

“Simpan Sejarah dengan Tulisan, Hadirkan Keanggunan dengan Desain Grafis”

             Mulai pagi hingga sore, para narasumber ampuh hadir dalam acara Workshop Kepenulisan, Desain Grafis, dan Media Sosial Simpul Maiyah Jawa Timur-Bali, 25 Maret 2018. Mereka adalah Mbak Viha dan Mas Rio NS—keduanya merupakan editor Buletin Maiyah Jawa Timur (BMJ), dan Mas Erik—penulis skenario film “Tjokroaminoto” yang dari tangan dinginnya lahir ilustrasi seri “Bongkah”, poster-poster tema diskusi Kenduri Cinta, serta beberapa tulisan menarik yang bisa disimak di website simpul Maiyah Jakarta tersebut.

Dalam salah satu ruang kelas MI Tarbiyatus Syarifah, Sukodono-Sidoarjo, Mbak Viha menerangkan teknik kepenulisan yang baik, mulai dari cara menangkap ide, mengambil sudut pandang, hingga membuat lead dan menyusun badan tulisan. Mengapa kita menulis, kata Mbak Viha, selain untuk keperluan dokumentasi, laporan, data, juga untuk menyimpan sejarah.

“Menulis untuk menyimpan sejarah—inilah yang akhir-akhir ini sering ditekankan Mbah Nun. Sebab, banyak orang yang berbuat baik ditulis berbuat buruk. Sebaliknya, orang-orang yang berbuat buruk ditulis berbuat baik.” pesan Mbak Viha, pegiat simpul Bangbang Wetan yang kini tinggal di Yogyakarta.

Sesi berikutnya, Mas Erik langsung menggebrak dengan menyatakan bahwa poster tema Maiyah tidak perlu dibuat secara ndakik-ndakik atau filosofis. Dengan gaya lugas, Mas Erik menularkan ilmunya, “Bersimulasilah dengan ilustrasi, manfaatkan komponen yang ada, dan buat publik merasa indah ketika melihat poster. Hadirkan Maiyah dengan anggun.”

Para peserta mencondongkan punggung-punggung mereka ke depan, menyimak penuh perhatian meskipun dengan raut setengah lelah sehabis perjalanan jauh. Maklum, semuanya datang dari luar Kota Sidoarjo. Peserta terdekat datang dari simpul Surabaya dan Gresik, sedangkan yang terjauh datang dari Banyuwangi dan Bali.

Menjelang siang, Mas Rio NS menyisipkan permainan seru untuk memantik ide menulis para peserta. Sekitar pukul 16.30 WIB, Workshop Desain Grafis, Kepenulisan, dan Media Sosial ini selesai, mendahului Workshop Optimalisasi Simpul Jatim-Bali yang berlangsung di ruangan sebelah. [ ]

Eryani W.
Penggiat Damar Kedhaton. Aktif dalam berbagai kegiatan Maiyah.