Prolog Majelis Ilmu Telulikuran Damar Kedhaton Edisi #65 – Juni -2022 “MENDEDAH KODE KEMAKMURAN”

Kendati wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) belum sepenuhnya teratasi. Minat masyarakat untuk membeli sapi khususnya, masih cukup tinggi. Bahkan ketika kebijakan dari Pemkab Gresik bersama Forkopimda melarang penjualan hewan kurban di pinggir jalan; peternak sapi dilema, pasrah tidak dapat menjual secara bebas seperti sebelumnya dan terpaksa melakukan transaksi di kandang.

Kaum muslim yang berkecukupan, mengiris sebagian hartanya untuk membeli hewan ternak, dan kemudian menyerahkannya ke panitia di masjid dekat rumahnya. Setelah hewan disembelih, dagingnya pun dibagi-bagikan kepada warga sekitar. Maka kaum yang karena keterbatasan ekonominya jarang mengonsumsi daging, bergembira. Distribusi kesejahteraan pun riil terjadi.

Menurut perkiraan Menteri Pertanian RI, pada Idul Adha tahun ini Indonesia membutuhkan hewan qurban sebanyak 1,72 juta ekor ternak. Jumlah itu naik 6% dari kebutuhan tahun lalu yang sebesar 1,64 juta ekor. Dari perspektif lain, angka itu dapat kita lihat betapa praktik qurban menggambarkan secara jelas keberpihakan Islam pada distribusi kesejahteraan. Itu baru dari ritual qurban.Bagaimana kalau kita menengok bentuk ibadah yang lain?

Rukun Islam yang ketiga ialah zakat. Dari risetnya, BAZNAS mencandra bahwa potensi zakat di Indonesia mencapai Rp 327 Triliun tiap tahunnya. Angka itu setara dengan 100 kali lipat Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kab. Gresik pada tahun 2021. Tapi, sayang sekali, realisasi zakat yang terkumpul di Indonesia pada 2021 baru sebesar Rp 21 Triliun.

Sementara itu, dengan penuturan yang mengalir, naratif dan enak dibaca, di website caknun.com Pak Mustofa W Hasyim membabar betapa umat beragama di Indonesia, terutama umat islam, telah lekat dengan tradisi yang beliau sebut dengan kode kemakmuran, kode kesejahteraan, dan kode kebahagiaan. Selain praktik ibadah yang telah disebut di muka, Pak Mustofa memerinci aneka tradisi umat muslim di berbagai wilayah di Indonesia ; bubur Suran saat menyambut 1 Muharam di kasultanan, berbagi apem di Klaten dan berbagi lemper di Bantul sebagai sarana sedekah tolak bala di bulan Shafar, Pasar Malem Sekaten, Grebeg Maulud, bazar makanan takjil saat Ramadhan, Bada Kupat di Pantura, Hajat Sasih di Jawa Barat, dan lain sebagainya.

Dulur, seraya menyongsong momentum hari idul qurban, dengan berbekal kesungguhan niat untuk menyelami samudera ilmu memunguti hikmah demi Mendedah Kode Kemakmuran,  mari melingkar pada Majelis Ilmu Telulikuran Damar Kedhaton edisi ke-65, pada :

Rabu, 22 Juni 2022

Pukul 20.23 WIB

Di Balai Rukyat Condrodipo

Ds. Kembangan, Kec. Kebomas, Gresik